Jumat, 27 Januari 2012

Teknik memotivasi Diri (by adlin)

 
Motivasi  adalah  Energi yang dibutuhkan oleh semua manusia
Ingat rumus E=mc2  ……? 
jika dimisalkan rumus motivasi adalah E=mc2
    Dimisalkan E= Energi yang diciptakan
    m= pembangkit dari suatu tim
    c2= perubahan waktu & keadaan cepat
maka dapat disimpulkan Motivasi adalah Sebuah Energi yang diperlukan untuk menggerakkan suatu individu atau tim untuk menyesuaikan, menanggapi perubahan yang terjadi dalam kehidupan yang berubah dengan sangat cepat.


adapun komponen penting dalam motivasi dir adalah
  1. kita harus termotivasi untuk dapat memotivasi juga sebaliknya. dimisalkan seperti seorang meminta uang pada orang lain ya mintalah pada yang mempunyai uang lebih banyak. jika ingin diri kita dimotivasi mintalah/belajarlah motivasi dari orang orang yang mempunyai motivasi tinggi.
  2. Motivasi memerlukan sasaran. dengan adanya tujuan atau sasaran kita, maka kita akan terpacu semangat untuk mencapainya dan semakin termotivasi akan ambisi itu agar tercapai.
  3. Motivasi tidaklah sesuatu yang abadi. dia harus diciptakan dan diperbarui terus.
  4. Berpartisipasi dalam kelompok dapat menggugah motivasi. seperti halnya kita melakukan pekerjaan sendiri dengan bersama-sama maka lebih bersemangat jika melakukan bersama-sama.
  5. Kemajuan diri dan prestasi dapat memotivasi. dengan kita pernah mendapat suatu prestasi di masa lalu, maka akan memotivasi kita untuk terus mencapai tujuan kita berikutnya karena percaya diri terhadap dirinya yang pernah berprestasi. so jangan takut untuk berprestasi.
  6. motivasi memerlukan penghargaan. dengan kita mencapai suatu tujuan dan kita mmberikan suatu penghargaan pada diri kita akan keberhasilan kita maka akan memacu semangat kita untuk mencapai tujuan target kita selanjutnya. dan jika kita melakukan suatu tujuan untuk meraih penghargaan akan lebih bersemangat dibanding jika kita meraih tujuan tanpa dapat penghargaan akan kesuksesan yang diraihnya.
  7. Tantangan juga bisa menjadi motivasi saat membaca akan adanya peluang untuk menang. ini disebut sebagai rasa percaya diri terhadap diri.
  8. semua orang mempunyai sumbu pemicu. so temukan. tidak semua orang mempunyai sumbu pemicu yang sama. msalnya serang lelaki akan semangat bekerja di kantor jika ada wanita cantik yang menemaninya di kantor, seorang santri akan termotivasi belajar lebih giat jika membaca sebuah biografi ulama yang sukses dalam dakwah, dll.
  9. panggilan hati nurani adalah salah satu bentuk motivasi. seorang akan bersemangat jika dia melakukan suatu tindakan yang sesuai dengan panggilan hati nuraninya. hati nurani bisa disebut sebagai suara hati/petunjuk dari tuhan. yaitu titik spiritual manusia.


renungan kita sekarang.....

"orang yang sukses adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain"

"keindahan cinta akan selalu ada jika saling menjaga komitmen dan komunikasi"


artikel diambil dari materi diklat 2 UKM Cinta Rebana ITS (by adlin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar